Geopark Goes To School

Byteknikgeologi

Geopark Goes To School

Geopark Goes To School Adalah Program pengabdian Dosen Teknik geologi Universitas Jambi, yang bertujuan untuk memperkenalkan dan mensosialisasikan tentang Geopark Merangin di kalangan Siswa SMA supaya dapat mengetahui dan mengenal bahwa ada Geopark Di Provinsi Jambi.

Masa SMA merupakan salah satu jalan untuk menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi sehingga seseorang dapat memperoleh bekal masa depannya di kemudian hari. Perguruan Tinggi dijadikan sebagai sarana untuk mempersiapkan generasi penerus bangsa yang berkualitas serta cerdas.

Sosialisasi Geopark Nasional Merangin terhadap Siswa/I SMA Negeri Kota Jambi untuk kegiatan pengabdian dan tentunya berkaitan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya Kawasan Geopark Nasional Merangin dideklarasikan sebagai UNESCO Global Geopark agar mendapat pengakuan global, serta mendapat perlindungan hukum internasional untuk dapat menjaga segala potensi dan kelestarian bumi, flora dan fauna hingga budaya yang ada di dalam Kawasan Geopark Nasional Merangin Provinsi Jambi. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan  Siswa/I nantinya akan lebih mengenal dan mendukung Kawasan Geopark Nasional Merangin menuju UNESCO Global Geopark.

Kegiatan Memperkenalkan batuan

Geopark bertujuan untuk melindungi, mengelola dan mempromosikan lanskap dengan nilai luar biasa dengan tiga tujuan utama: konservasi geoheritage, pendidikan pengunjung melalui kegiatan geowisata dan penghuni dengan penyediaan informasi, dan mencapai pembangunan ekonomi yang berkelanjutan atau endogen, (Stoffelen, Groote et al. 2019). Mempertimbangkan tujuan ini, dan meskipun UNESCO secara eksplisit menyerukan pendekatan bottom-up untuk memberdayakan komunitas lokal di geopark (UNESCO, 2017), perspektif masyarakat sebagian besar tidak ada dalam studi geopark akademik. Lanskap geopark secara intrinsik bernilai dan peningkatan pendidikan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang nilai geopark.

Pada tanggal 14 September 2022 telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi pada mitra SMAS Adhyaksa Kota Jambi. Pada kegiatan ini merupakan salah satu bagian sosialisasi tentang Geopark Merangin “geopark goes to school series 1” dalam rangka mendukung Geopark Nasional Merangin menuju Unesco Global Geopark (UGG). Pada tahapan ini di lakukan observasi pada sekolah dan siswa/I mengenai keberadaan Geopark Merangin di Provinsi Jambi. Pada Pengabdian ini peran siswa dalam kegiatan mendukung Geopark Merangin menuju UGG. Siswa dapat menambah pengetahuan dalam Meningkatkan pemahaman tentang pentingnya Kawasan Geopark NasionalMerangin dideklarasikan sebagai UNESCO Global Geopark agar mendapat pengakuan global, serta mendapat perlindungan hukum internasional untuk dapat menjaga segala potensi dan kelestarian bumi, flora dan fauna hingga budaya yang ada di dalam Kawasan Geopark Nasional Merangin Provinsi Jambi.

Kegiatan Sosialisasi ini diikuti oleh siswa siswi SMAS Adhyaksa kota jambi, pemaparan tentang Geopark Merangin dan penjelasan tentang Kawasan Geopark Merangin yang dapat digunakan sebagai laboratorium alam, edukasi pembelajaran terkait keberagaman hayati dan budaya serta tentang ilmu geologi secara menyeluruh di Kawasan Geopark Merangin.

Kegiatan sosialisasi dengan siswa siswi SMAS Adhyaksa Kota Jambi.

About the author

teknikgeologi administrator

Leave a Reply