Webinar Kuliah Umum Kampus Merdeka Series Desember

Byteknikgeologi

Webinar Kuliah Umum Kampus Merdeka Series Desember

Virus yang disinyalir menular melalui droplet cairan tubuh manusia kemudian menyerang saluran pernapasan pada manusia ini telah menyebar dengan cepat hampir ke semua negara di dunia hanya dalam waktu beberapa bulan. Hal tersebut membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19. Indonesia sendiri memberlakukan kebijakan Pembatasan dialihkan dari sekolah ke rumah masing-masing peserta didik.

Pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan kemajuan teknologi menjadi salah satu alternatif solusi dalam bidang pendidikan agar proses pembelajaran tetap dapat berlangsung walau tanpa bertatap muka secara langsung di lembaga pendidikan masing-masing. Beberapa kegiatan tahunan yang bersifat akademis seperti seminar tidak dapat dilaksanakan karena dikhawatirkan Sosial Berskala Besar untuk menekan penyebaran virus ini. Sehingga melahirkan gerakan Work From Home dalam berbagai bidang yang meniadakan interaksi tatap muka secara langsung. Pada bidang pendidikan, kegiatan belajar mengajar. Namun, hal tersebut tidak menjadikan semangat untuk belajar bagi para mahasiswa menghilang. Salah satu alternatif yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan iptek yaitu melaksanakan kegiatan seminar berbasis internet (webinar) yang interaktif.

Webinar ataupun kegiatan seminar yang dilaksanakan secara online merupakan suatu bentuk pembelajaran, pembagian informasi dan kegiatan diskusi yang dibina oleh pemateri ataupun narasumber. Kegiatan berdiskusi secara online ini tidak mengurangi kesempatan bagi peserta dan narasumber untuk saling berinteraksi. Webinar dijadikan sebagai alternatif seminar untuk mencegah timbulnya kerumunan karena diskusi dapatd ilaksanakan secara online, sehingga mengurangi kemungkinan terpapar virus corona.

Untuk menyesuaikan dengan konsep baru yaitu system kampus merdeka atau merdeka dalam belajar, Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi Mengkarang Universitas Jambi bersama Program Studi Tekknik Geologi Universitas Jambi secara berkala melangsungkan kegiatan webinar ini untuk mendukung mahasiswa luar yang berminat terhadap masalah dan topic terkait kebumian. Dengan harapan dapat menjadi media bagi peserta yang mengikuti kegiatan dalam belajar.

Adapun bentuk kegiatan yang dilaksanakan berupa seminar online (webinar) dengan judul atau bahasan tertentu terkait bidang kebumian. Pada webinar series Desember terdapat 7 topik berbeda dengan keterangan sebagai berikut.

No. SeriJadwalPemateriTema
14 Desember 2020Dr. Ir. Basuki Rahmat, M.T.Genensa Batubara
212 Desember 2020Ali Achmad, S.T Gilang Firmand, S.TPengaruh Geologi Terhadap Kondisi Geoteknik Tambang dan Sedimentology & Rock Mechanics
314 Desember 2020Ardhan Farisan, S.T., M.TIntrodation to Play Bassed Exploration
417 Desember 2020Liston Sitanggang, S.T.,MBA Reza Rahardian, S.T Leo Cahya Dinendra,S.SiAlur Kerja Geologist Exploration di Perusahaan Migas, dan Dara G&G Teknik Migas, Akusisi Pengelolaan dan Pemanfaatan

Webinar seri 1 pada Series Desember bertemakan “Genesa Batubara” yang dilaksanakan pada tanggal 4 Desember  2020. Kegiatan diikuti dengan peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa, guru serta pelajar. Kegiatan webinar ini dimulai pada pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai yang diawali dengan registrasi peserta dan admit pada ruang zoom. Dilanjutkan dengan pembukaan acara oleh MC pada pukul 14.20 WIB, serta Sambutan Ketua Program Studi dan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi pada pukul 14. 35 WIB untuk kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bapak Dr. Ir. Basuki Rahmat, M.T yang dipandu oleh Bapak Hari Wiki Utama, S.T., M.Eng. selaku moderator. Kegiatan kuliah umum berlangsung hingga selesai. Kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab dan foto bersama.

TangkapanLayar Webinar Seri 1 (4 Desember 2020)

Webinar seri 2 pada Series Desember dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2020 dengan tema “Pengaruh Geologi Terhadap Kondisi Geteknik Tambang dan Sedimentology & Rock Mechanice” oleh narasumber pertama bapak Ali Achmad, S.T dengan tema “Sedimentology & Rock Mechanics”  dan narasumber ke dua yaitu Bapak Gilang Firmand, S.T dengan tema “ Pengaruh Geologi Terhadap Kondisi Geoteknik Tambang”. Webinar seri kedua ini diikuti  oleh  peserta yang terdiri dari Dosen, Mahasiswa Universitas Jambi serta mahasiswa dari Universitas lain.Kegiatan dimulai pada  pukul 10.00 WIB sampai jam 13.00 dengan urutan registrasi, pembukaan oleh MC, kata Sambutan oleh Ketua Program Studi dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Penyampaian materi kuliah umum berlangsung pada pukul 10.50 WIB hingga 12.00 WIB. Kegiatan ditutup dengan sesi Tanya jawab dan foto bersama.

TangkapanLayarWebinar Seri 2 (12 Desember 2020)

Webinar seri 3 pada Series Desember dilaksanakan pada tanggal 14 Desember 2020 dengan tema “Introduction to Play Based Exploration” oleh Bapak Ardhan Farisan,S.T.,M.T. Webinar seri keempat inid iikuti oleh peserta yang terdiri dari Dosen, Mahasiswa Universitas Jambi serta mahasiswa dari Universitas lain. Kegiatan dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan urutan registrasi, pembukaan oleh MC, kata Sambutan oleh Ketua Program Studi dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Penyampaian materi kuliah umum berlangsung pada pukul 15.30 WIB sampai selesai dengan moderator bapak Bagus Adhitya S.T,M.T. Kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab dan foto bersama.

Tangkapan Layar Webinar Seri 3 (14 Desember 2020)

Webinar seri 4 pada Series Desember bertemakan “Peran Geosains dalam Eksplorasi, Eksploitasi dan Produksi Minyak dan Gas Bumi” yang dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2020. Kegiatan di ikuti oleh  peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa, guru serta pelajar. Kegiatan dimulai pada pukul 08.30 WIB sampai 12.30 WIB yang diawali dengan registrasi peserta dan admit pada ruang zoom. Dilanjutkan dengan pembukaan acara oleh MC pada pukul 08.45 WIB, serta Sambutan Ketua Program Studi dan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi pada pukul 08.50 WIB untuk kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber pertama Bapak Liston Sitanggang, S.T.,MBA dengan tema “Pengelolaan Bisnis Proses Alur Produksi Minyak dan Gas Secara Terintegrasi” yang dipandu oleh Bapak Bagus Adhitya,S.T.,M.T. selaku moderator. Kegiatan kuliah umum berlangsung hingga pukul 12.30 WIB. Kegiatan ditutup dengan sesi Tanya jawab dan foto bersama.

Tangkapan Layar Webinar Seri 4 ( 17 Desember 2020)

About the author

teknikgeologi administrator

Leave a Reply